Facebook SDK



Menganti (03/10), Ujian secara online saat ini adalah menjadi keharusan dan menjadi tes pertama dalam sejarah pedidikan Indonesia. Semuanya bermula dari datangnya Covid-19, sehingga pengampu kebijakan pendidik memutuskan belajar dan ujian daring. 

Sebagai lembaga yang terus berkembang, maka semua stake holder di lingkungan SMP Sunan Ampel Menganti tentunya harus siap dengan keadaan apapun dan bagaimanapun termasuk di dalam pandemi ini. Sehingga semua kegiatan yang pada awalnya Based on school beralih ke Based on home baik pengajaran maupun penilaian. 


Sesuai jadwal Penilaian Tengah Semester  (PTS) Tahun Ajaran 2020/2021, siswa SMP Sunan Ampel di Gresikmulai menjalani ujian online di rumah mulai 28 September 2020 hingga 3 Oktober 2020. Teknis pelaksanaan ujian sangat berbeda ketika sebelum pandemi Covid-19 datang mendera. Saat itu, ujian dilakukan di sekolah dengan pengawasan ketat para guru tetapi saat ini pengawasan lebih banyak dilakukan oleh pihak orang tua murid.

"Asyik saja sih kalau ujian di rumah. Tidak tegang, bisa santai sambil tiduran atau makan camilan. Tapi pengawasnya lebih galak dari ibu guru di sekolah," katanya salah satu murid  di kediamannya saat di temui salah satu guru, di Dusun Bandut.   

Ujian secara online adalah tes mata pelajaran di sekolah dikerjakan melalui aplikasi yang telah dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Aplikasi ini memungkinkan soal acak yang tidak akan sama dengan siswa lain disamping itu dengan aplikasi ini panitia dan wali kelas bisa pantau 100% tentang pelaksanaan Ujian.

Meskipun pelaksanaanya tidak lepas dari kendala tetapi karena pihak sekolah sudah antisipasi dari pelaksanaan ujian on line sebelumnya semua bisa teratasi dengan baik. 


Sebagai contoh keluhan paket data, sekolah mengantisipasi dengan memberikan kartu dan paketan gratis terhapat peserta ujian yang bisa digunakan selama satu minggu pelaksanaan ujian. Disamping itu panitia kompak bersama wali kelas membagi tugas untukstandby di laboratorium komputer mengawal pelelaksanaan ujian tengah semester ini, bahkan setiap kali anak tidak absen online maka langsung dihubungi kepada pihak wali murid supaya mengingatkan anak bisa mengikuti ujian online ini.

Yang terakhir selama 6 hari ini,kami bersyukur alhamdulillah semua berjalan dengan lancar tentunya atas kerjasama dari pimpinan, panitia , wali kelas dan juga wali kelas di rumah masing masing. 

smp sunan ampel soyosuwesoyosae  

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama