Facebook SDK

 

Pendidikan Karakter Langkah Awal SMP Sunan Ampel dalam Memulai Hari Pertama PTM  (Pembelajaran Tatap Muka) pada Tahun Pelajaran 2021-2022. SMP Sunan Ampel Menganti akhirnya melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah pada tahun pelajaran 2021-2022. SMP Sunan Ampel memulai kegiatan secara tatap muka ini sudah di rapatkan dan dipertimbangkan dewan guru sesuai dengan surat edaran yang diberikan oleh dinas pendidikan. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka ini dalam pelaksanaannya protokol kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam prosesnya dengan menerapkan memakai masker, menjaga jarak, cek suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun dengan menyiapkan sarana wastafel di depan ruang kelas dan titik atau sudut sekolah SMP Sunan Ampel, jadi sebelum masuk sekolah semua siswa di cek suhu tubuh. Untuk kegiatan tatap muka di kelas dijadwalkan secara persesi yaitu sesi 1 yang masuk pada jam 6:30 sampai 9:00 sedangkan untuk sesi 2 masuk jam 9:15 sampai 11:00, sesuai dengan edaran yang diberikan oleh dinas sehingga siswa yang berada didalam kelas hanya 50% dari jumlah siswa yang ada, Dalam menunjang kegiatan pembelajaran tatap muka setiap guru pengampuh mata pelajaran dan seluruh staf yang ada di sekolah sudah diberikan vaksin sampai tahap ke-2 dan sudah menerapkan prokes yang ketat.


Pendidikan karakter sendiri dapat dipahami dari tiap-tiap katanya secara terpisah. Pendidikan merupakan proses pembelajaran kebiasaan, keterampilan, dan pengetahuan manusia yang diteruskan dari generasi sebelumnya kepada generasi berikutnya. Sementara itu, karakter merupakan akumulasi watak, sifat, dan kepribadian individu yang mengarah pada keyakinan dan kebiasaannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum memulai kegiatan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) siswa untuk sesi 1 pagi diwajibkan untuk mengikuti kegiatan pendidikan karakter yang di laksanakan setiap hari untuk meningkatkan dan menanamkan nilai-nilai agama Islam kepada siswa. Maka SMP Sunan Ampel Menganti menerapkan kegiatan pendidikan karakter yaitu diantaranya sholat dhuha berjamaah, membaca surat al-waqiah, mahalul qiyam dan menyanyikan lagu indonesia raya dihalaman sekolah setiap hari.


Menurut Kepala Sekolah SMP Sunan Ampel Menganti. Bapak Syamsul Ma'arif, M.Pd., Dip. Ed. ELT.  bahwa tujuan dari pendidikan karakter yang dilaksanakan setiap hari diantaranya sholat dhuha berjamaah, membaca surat al-waqiah, mahalul qiyam dan menyanyikan lagu indonesia raya dihalaman sekolah setiap hari untuk membiasakan dan melatih siswa menjalankan ibadah sholat sunah yang sangat bermanfaat bagi siswa dalam meningkatkan karakter siswa tentang agama Islam, berbakti kepada negara Indonesia dan membiasakan siswa bersholawat setiap waktu. "Kami berharap dengan membiasakan sholat dhuha berjamaah, membaca surat al-waqiah, mahalul qiyam dan menyanyikan lagu indonesia raya dihalaman sekolah setiap hari, maka lulus dari SMP Sunan Ampel siswa rutin menjalankannya di rumah dan dapat memberikan manfaat kepada lingkungan sekitarnya"


Pada kesempatan ini Ustadz. M Zainul Afrisyah, S.Pd  menjelaskan banyak keutamaan ketika orang menjalankaan ibadah sholat dhuha. Selain sebagai sedekah, sholat dhuha juga sebagai investasi amal, sedangkan keutamaan membaca surat al-waqiah maka dia memperoleh ketentraman dan rezeki serta surga (yang penuh) kenikmatan, sedangkan mahalul qiyam sebagai rasa cinta kepada rosul dapat menenangkan hati disaat pagi hari siswa dapat memahami pembelajaran dengan nyaman dan menyanyikan lagu indonesia raya sebagai kecintaan kepada negara Indonesia.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama