Facebook SDK



 

Pemilihan  Ketua dan Wakil OSIS  (Pilkaos) di SMP Sunan Ampel Menganti berbeda dibanding sekolah-sekolah lainnya di Menganti, Gresik. Untuk pemilihan Ketua dan Wakil Osis tahun ini bersifat Online, Sabtu (09/10/2021), Pilkaos di SMP Sunan Ampel Menganti menerapkan Pilkaos Online yang bekerjasama dengan SMK Sunan Ampel Menganti dalam pembuatan Aplikasi sebagai media pemilihan dengan menugaskan 2 Siswa yang membantu yaitu Burhanudin Fatoni dan M Aldy Firmansyah dari Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan).

Pelaksanaan Pilkaos 2021 menggerakan Pramuka sebagai pengawalan kepada semua calon ketua dan wakil ketua osis agar pelaksanaan pilkaos dapat dilaksanakan dengan aman dan nyaman tidak lupa dengan menerapkan Prokes ketat dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun maupun handsanitizer, serta menjaga jarak agar tidak terjadi kerumunan.

Kepala SMP Sunan Ampel Menganti, Bapak SYAMSUL MA'ARIF, M.Pd  mengatakan, selama ini  siswa-siswi dan guru di SMP Sunan Ampel Menganti sudah terbiasa pada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menggunakan komputer/laptop. Untuk itu, karena mereka sudah familiar dengan komputer/laptop, dan didukung laboratorium komputer yang memadai dan juga bekerjasama dengan SMK Sunan Ampel Menganti, maka Pilkaos pun dilaksanakan  secara online.


“Melalui Pilkaos Online ini, Ketua Panitia Bapak MASRUKHAN MAGHFURI,SE. ingin mengenalkan sejak dini tentang Pesta Demokrasi dan juga Information and Communication Technologies  (ICT) kepada para siswa. Bahwa Pilkaos model Online memiliki keunggulan, yakni proses dan pelaksanannya lebih cepat, akuntabel dan kredibel,”.

Teknis pemilihannya, siswa melakukan registrasi pada petugas. Selanjutnya siswa mendapatkan kartu pemilih yang berisi username dan password.
Tahap berikutnya, siswa memasuki Tempat Pemungutan Suara (TPS) Online, dan menuju ke bilik pemilihan yang berisi perangkat pemilihan online, berupa laptop yang tersambung dengan jaringan server lokal.
Di dalam bilik itu, siswa melakukan login dengan memasukkan username dan password. Lalu akan muncul foto calon ketua Osis dan visi-misinya.
“Di sini, siswa memilih calon Ketua Osis dengan cara “mengeklik” tombol pilih yang ada di bawah foto calon ketua Osis. Selanjutnya akan muncul tampilan konfirmasi,”Yakin”. Setelah selesai memilih,siswa menekan tombol Log out, dan langsung terlihat dilayar komputer hasil penghitungan suara.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama